Coil mobil Honda jazz Bocor
Pengalamanini saya tulis dan sengaja saya bagikan buat
teman-teman yang pernah mengalami masalah pada mobil Honda jazz yang bocor
COIL(kuil) pengapian.
Ketika mobil tersendat dan kadang mau mati sendiri apalagi
saat AC di nyala kan dan pada saat keadaan Cuaca panas Terik mesin bisa mati
sendiri di tengah jalan,di tarik gas malah m’berebet.Kejadian ini saya Alami sampai suatu
hari mobil saya harus di TUNE UP karena mau menempuh perjalanan jarajk jauh
.Pada saat di Bengkel di TUNE UP sekaligus di lakukan pemeriksaan oleh tehnisi
bengkel saya di beri tahu kan bahwa salah “satu Coil Bocor hingga menyebab kan
Mobil berebet..” itu kata nya,kemudian sang tehnisi coba menambal bagian yang
Bocor itu dengan Silikon ,saat itu saya tidak paham masalah tehnik mobil sama
sekali dan saya pasrah kan sam bengkel tersebut mau di apain kek yang penting
mobil saya tidak lagi ngeberebet dan ndut-ndutan saat lari,dan setelah servis
selesai Mobil saya terasa Enteng dan tidak lagi ada masalah,Namun pada suatu
waktu ketika di Jakarta hendak menuju Bandung Mobil sudah terasa lagi
Ndut-ndutan saat di tarik Gas,bingung…”mobil baru saja di servis kok sudah
begini lagi” ..”waahh..bengekel nya gak professional ini dmikian pikiran ku”..
Selang beberapa bulan i mobil saya biarkan dengan keadaan
seperti itu ,mondar-mandir kemana-mana dengan kondisi Berebet dan tidak
nyaman,bahkan was-was saat berada di tengah jalan ketika Cuaca terik dan
menyalakan AC,kalau saya bepergian Sendiri gak masalah walaupun gak pake AC
tapi kalau sama istri waduuhh…baru saja masuk mobil langsung harus Nyalakan AC
.Nah kejadian nil ah yang membuat saya mulai belajar mencari tahu tentang
masalah-masalah pada Mobil dan cara mengatasi nya.
"Ini Bentuk COIL BUSI honda Jazz V-tec yang saya comot dari google,sebab waktu Bongkar gak sempat Jpret Foto nya" |
Suatu hari sepulang mengantar istri kerja saya coba mencari
Bengkel Mobil yang terdekat di wilayah saya,masih pagi sekitar jam 9 saya sudah
muter-muter mencari bengkel,sampai akhir nya tertuju pada sebuah bengkel yang
tehnisi nya banyak namun belum pada sibuk karena masih menunggu jOB nya
masing-masing,tidak ada Antri saat itu karena masih pagi,Mobil saya langsung di
sambut oleh para pekerja bengkel,”kenapa pak mobil nya?” Tanya seorang dari
mereka,langsung saya jawab” ini mobil saya suka mau mati sendiri di tengah
jalan apa lagi saat AC hidup,Mungkin ada yang harus di setting pada System IDLE
nya “. “coba di lihat dulu ya pak kata nya”..setelah di check ternyata “ini
COIL nya pBocor Pak,ini harus Ganti “.Waduhh..berapa harga COIL Honda Jazz?”,saya
langsung menuju etalase bengkel dan Tanya sama si Cici nya,”emang KUIL berapa
harga nya?”, “ yang baru Satu juta pak..Ada juga yang seken harga nya lebih
murah Cuma 400 ribu tapi gak ada garansi “kata nya. Oke lah saya tapi sebentar
ya saya suruh tehnisi nya check dulu ada berapa kuil yang bocor nya,kalau Cuma 2
yang rusak saya beli”
Langsung saja seorang tekhnisi membuka dan mengecek Kuil
mobil sambil menghidupkan mesin,Singkat cerita 2 buah COIL di buka dan di ganti
Namun hasil nya masih sama tarikan gass nya masih saja berebet,Tehnisi nya
bilang ini harus semua sebab semua nya
bocor,”pusink tujuh keliling mendengar penjelasan tersebut,Kalau yang seken nya
saja 400.000 ganti semua 4 buah kena
1.600.000,saat itu saya bawa uang Cuma 600.000, kalau saya ganti baru
satu nya saja harga 1 jutaan kalau 4 berarti 4 juta.
Akhir nya saya gak jadi beli,saya bilang ke bengkel nya
kalau saya harus ganti semua nya saya gak sanggup uang nya gak cukup,dan akhir
nya mobil saya di tutup kembali dan kuil yang bawaan nya di pasang kembali. Ada
satu catatan di Benak saya “Wis.. Dapat Ilmu baru nih jadi tahu akhir nya
penyakit mobil saya” ,saya pulang kemudian saya laporan via BBM ke manager
keuangan saya(Istri.J) ..kata
nya gak usah ganti dulu lah kata nya.Ya sudah lah saya juga gak sanggup kalau
harus beli 4 buah seharga 4 juta,sambil browsing-browsing di Internet ternyata
harga COIL Honda JAZZ V-TEC Cuma Rp.550.000
dan paling murah nya 450.000.
Saya merenung” musti Nyicil nih beli sparepart” ,Maklum lah ekonomi pas-pasan..gak seperti orang yang banyak duit langsung Ganti saja. 2 minggu setelah itu saya berfikir gimana cara nya ya supaya KOIL yang masih hidup itu nggak Bocor,”Hmmm..Otak Ilmu listrik ku mulai jalan nih..” gimana ngakalin nya,dari pada keluar Uang banyak mendingan di akalin dulu sambil menunggu Punya Uang cukup untuk mengganti Baru.Akhir nya Otak mulai mikir bagaimana cara nya Nambal koil Bocor kelistrikan nya,Sibuk mencari LEM dan silicon yang bersifat Elastis dan Tahan di Suhu tinggi,namun susah di dapat yang akhir nya saya pakai SILIKON Otomotive yang Ketahanan Suhu nya di kisaran 200 derajat celcius,Hari minggu pagi-pagi Koil mobil saya buka Ke empat-empat nya “lahh..Cuma begini doing kok mesti ganti Baru mendingan beli BAN baru”pikir ku.
Langsung saya kerjakan saat itu juga nggak sampai 1 jam ngecek dan melapisi Yang Bocor,Yang lama menunggu kering Nya Silikon.Stelah sekitar 2 jam saya pasang kembali,Mobil di starter di panas kan dan saya coba bawa muter-muter,Alhamdulillah gak ada samasekali yang Ndut-Ndutan nya,Cuma Berharap Semoga Awet nih Tambalan He..he..he.” Plong rasa nya Hati saya,ternyata Apa yang di katakana Tekhnisi Bengkel Benar Ada kebocoran KOIL,sehingga Api keluar Mencari jalan singkat Menuju Body mesin”. Saya sangat berterimakasih pada Para tehnisi yang sudah mengecek dan member tahu Kerusakan Mobil saya.Sambil menunggu punya Uang yang Cukup saya berharap KOIL ini jangan mati dulu,kalau Bocor saya tambal lagi aja se kuat nya,sampai akhir nya nanti Ganti baru. Ada kah yang Punya Permasalahan yang sama dengan Ssaya ? jangan lah Terburu-buru mengganti Sparepart yang masih bias di akalin dulu.di check dulu ya..Untuk Cara Menambal nya Nanti akan saya Share di lain Waktu..
Saya merenung” musti Nyicil nih beli sparepart” ,Maklum lah ekonomi pas-pasan..gak seperti orang yang banyak duit langsung Ganti saja. 2 minggu setelah itu saya berfikir gimana cara nya ya supaya KOIL yang masih hidup itu nggak Bocor,”Hmmm..Otak Ilmu listrik ku mulai jalan nih..” gimana ngakalin nya,dari pada keluar Uang banyak mendingan di akalin dulu sambil menunggu Punya Uang cukup untuk mengganti Baru.Akhir nya Otak mulai mikir bagaimana cara nya Nambal koil Bocor kelistrikan nya,Sibuk mencari LEM dan silicon yang bersifat Elastis dan Tahan di Suhu tinggi,namun susah di dapat yang akhir nya saya pakai SILIKON Otomotive yang Ketahanan Suhu nya di kisaran 200 derajat celcius,Hari minggu pagi-pagi Koil mobil saya buka Ke empat-empat nya “lahh..Cuma begini doing kok mesti ganti Baru mendingan beli BAN baru”pikir ku.
Langsung saya kerjakan saat itu juga nggak sampai 1 jam ngecek dan melapisi Yang Bocor,Yang lama menunggu kering Nya Silikon.Stelah sekitar 2 jam saya pasang kembali,Mobil di starter di panas kan dan saya coba bawa muter-muter,Alhamdulillah gak ada samasekali yang Ndut-Ndutan nya,Cuma Berharap Semoga Awet nih Tambalan He..he..he.” Plong rasa nya Hati saya,ternyata Apa yang di katakana Tekhnisi Bengkel Benar Ada kebocoran KOIL,sehingga Api keluar Mencari jalan singkat Menuju Body mesin”. Saya sangat berterimakasih pada Para tehnisi yang sudah mengecek dan member tahu Kerusakan Mobil saya.Sambil menunggu punya Uang yang Cukup saya berharap KOIL ini jangan mati dulu,kalau Bocor saya tambal lagi aja se kuat nya,sampai akhir nya nanti Ganti baru. Ada kah yang Punya Permasalahan yang sama dengan Ssaya ? jangan lah Terburu-buru mengganti Sparepart yang masih bias di akalin dulu.di check dulu ya..Untuk Cara Menambal nya Nanti akan saya Share di lain Waktu..
Mobil saya Jazz 2010 gan, udh lama ngrasain ndut ndutan, udh ganti busi masih juga, udh servis dan terakhir kata mekanik nya koil nya bocor, kata mekanik nya mending ganti baru karna bakal mrembet ke lain nya dan sementara di lem aja dulu, saya tanya harga nya 975rb, dan saran dari teman ganti yg KW aja dan akhir nya saya beli yg kw tp nyesal bgt beli 365rb merek NAP tp setelah di pasang tenaga nya jauh berkurang, dan mulai bingung apa harus ganti yg asli lagi dgn harga 975rb, smntra kl di biarkan dgn koil kw tenaga nya gk enak bgt dan saya mau bawa mobil ke kampung halaman, akhir nya saya putusin smntra koil yg lama di lem aja pake lem besi, dan yg buat sakit nya lagi koil kw nya ketika di buka mekanik nya pecah, udh rugi 365rb blm lagi ongkos pasang koil nya, semoga ntar ada rejeki nya koil nya pgn di ganti yg baru tp kapok beli yg KW.
ReplyDeleteMobil saya Jazz 2010 gan, udh lama ngrasain ndut ndutan, udh ganti busi masih juga, udh servis dan terakhir kata mekanik nya koil nya bocor, kata mekanik nya mending ganti baru karna bakal mrembet ke lain nya dan sementara di lem aja dulu, saya tanya harga nya 975rb, dan saran dari teman ganti yg KW aja dan akhir nya saya beli yg kw tp nyesal bgt beli 365rb merek NAP tp setelah di pasang tenaga nya jauh berkurang, dan mulai bingung apa harus ganti yg asli lagi dgn harga 975rb, smntra kl di biarkan dgn koil kw tenaga nya gk enak bgt dan saya mau bawa mobil ke kampung halaman, akhir nya saya putusin smntra koil yg lama di lem aja pake lem besi, dan yg buat sakit nya lagi koil kw nya ketika di buka mekanik nya pecah, udh rugi 365rb blm lagi ongkos pasang koil nya, semoga ntar ada rejeki nya koil nya pgn di ganti yg baru tp kapok beli yg KW.
ReplyDeleteLem yg kuat untuk 200 Drajat celcius merek apa ya om
ReplyDeletepunya ane juga gt om,mbrebet,ndut"an,mesin berasa loyo.merk lemnya apa ya om?
ReplyDeleteSama bro ane yaris 2012 pusing mikirin ganti koil ya di tambal dulu aja dengan merek smoga awet
ReplyDeletePakai plastik steel aja yg warna hitam dan putih itu jangankan 200 derajat menamval crangkcase mesin yg panasnya sampai 600 derajat juga tahan..yg oe ting waktu pemasangan harus bersih dari oli dan lain dan tunggu benar benar mengeras kurang lebih 16 jam
ReplyDeleteNasib nasib ane juga sama.. .Hahaha. .
ReplyDeleteSdh ganti coil 8 biji, tp yg secend cabutan singapura katanya tetap aja msh brebet... Mubajirrrrrr
apess kita bro
ReplyDeleteyang di lem dibagian mana ? apa antara kepala coil dan batang ?kalau ban bocor tau letak bocornya laaa kalau coil tak nampak bocornya
ReplyDeletePengalamanku juga kaya gitu udah pernah ganti coli sekarang kambuh lagi mohon bantuannya bagian mana yang di lem merek lemnya apa trim
ReplyDeletePake slang bakar untuk kabel beli ukuran yg pas untuk koil bs tahan bertahun tahun
ReplyDeleteNamanya apa
DeleteMau tanya om klo selang bakar untuk koil jazz rs 2010 selang bakarnya ukuran brp ya??
DeleteMakasih pencerahannya
Info ini mungkin terlambat, namun untuk berbagi. Coil mobil saya spt itu,setelah " diurai-bongkar" dibersihakn dgn sikat kawat perspiral penghubungnya,dibersihkan tahanan /resistornya, lalu dipasang kembali....nyuss! pulih.Penyebanya aliran listrik tdk terhantarkan via tahanan,jadi cari jalan terpendek ( bocor). Dulu ada Bengkel BJM di Tapos Depok yg spesialis servis begituan, sekarang sdh cerai berai...api banyak bengkel yg sdh mampu melakukan nya...
ReplyDeleteInfo ini mungkin terlambat, namun untuk berbagi. Coil mobil saya spt itu,setelah " diurai-bongkar" dibersihakn dgn sikat kawat perspiral penghubungnya,dibersihkan tahanan /resistornya, lalu dipasang kembali....nyuss! pulih.Penyebanya aliran listrik tdk terhantarkan via tahanan,jadi cari jalan terpendek ( bocor). Dulu ada Bengkel BJM di Tapos Depok yg spesialis servis begituan, sekarang sdh cerai berai...api banyak bengkel yg sdh mampu melakukan nya...
ReplyDeleteMobil sya honda jazz 2005 idsi, pengapian hilang,,
ReplyDeleteApa penyebabnya??
Dan apa saja yg perlu di lakukan
Berarti masalah koil di honda jazz memang jamak dijumpai ya teman2, jazz saya pun pernah rusak 1 koilnya,diganti yg imitasi sih 300rb dan 2 tahun ini udah kerasa lagi g enaknya,kayanya memang harus ganti yg ori.
ReplyDeletehonda saya idsi gan di coil api empat empat nya tidak ada strum nya tidak ada lontaran apinya.. yg jadi masalah apa mungkin sekaligus empat coil mati berbarengan..tolong dong master master kasi tau solusinya
ReplyDeletehonda saya idsi gan di coil api empat empat nya tidak ada strum nya tidak ada lontaran apinya.. yg jadi masalah apa mungkin sekaligus empat coil mati berbarengan..tolong dong master master kasi tau solusinya
ReplyDeletePunya saya kalo panas gak bisa distarter, tp saya pernah coba tempeli koilnya pake kain basah agar gk trlalu panas koilnya bisa distart lg. Koil sy sudah bocor lama dan sudah pernah dilem sama bengkel. Jd sy pgn nyoba ngelem sndiri pake lem yg anda maksud lem nya mereknya apa ya?
ReplyDeletePosisi ngelemnya dimana nya
ReplyDelete