Home » » Masalah Coil (KUIL) Honda jazz Bocor

Masalah Coil (KUIL) Honda jazz Bocor

Posted by 私は何をしたいすべての on Sunday, 19 February 2017



Coil mobil Honda jazz Bocor

Pengalamanini saya tulis dan sengaja saya bagikan buat teman-teman yang pernah mengalami masalah pada mobil Honda jazz yang bocor COIL(kuil) pengapian.
Ketika mobil tersendat dan kadang mau mati sendiri apalagi saat AC di nyala kan dan pada saat keadaan Cuaca panas Terik mesin bisa mati sendiri di tengah jalan,di tarik gas malah  m’berebet.Kejadian ini saya Alami sampai suatu hari mobil saya harus di TUNE UP karena mau menempuh perjalanan jarajk jauh .Pada saat di Bengkel di TUNE UP sekaligus di lakukan pemeriksaan oleh tehnisi bengkel saya di beri tahu kan bahwa salah “satu Coil Bocor hingga menyebab kan Mobil berebet..” itu kata nya,kemudian sang tehnisi coba menambal bagian yang Bocor itu dengan Silikon ,saat itu saya tidak paham masalah tehnik mobil sama sekali dan saya pasrah kan sam bengkel tersebut mau di apain kek yang penting mobil saya tidak lagi ngeberebet dan ndut-ndutan saat lari,dan setelah servis selesai Mobil saya terasa Enteng dan tidak lagi ada masalah,Namun pada suatu waktu ketika di Jakarta hendak menuju Bandung Mobil sudah terasa lagi Ndut-ndutan saat di tarik Gas,bingung…”mobil baru saja di servis kok sudah begini lagi” ..”waahh..bengekel nya gak professional ini dmikian pikiran ku”..
Selang beberapa bulan i mobil saya biarkan dengan keadaan seperti itu ,mondar-mandir kemana-mana dengan kondisi Berebet dan tidak nyaman,bahkan was-was saat berada di tengah jalan ketika Cuaca terik dan menyalakan AC,kalau saya bepergian Sendiri gak masalah walaupun gak pake AC tapi kalau sama istri waduuhh…baru saja masuk mobil langsung harus Nyalakan AC .Nah kejadian nil ah yang membuat saya mulai belajar mencari tahu tentang masalah-masalah pada Mobil dan cara mengatasi nya.
"Ini Bentuk COIL BUSI honda Jazz V-tec yang saya comot dari google,sebab waktu Bongkar gak sempat Jpret Foto nya"
Suatu hari sepulang mengantar istri kerja saya coba mencari Bengkel Mobil yang terdekat di wilayah saya,masih pagi sekitar jam 9 saya sudah muter-muter mencari bengkel,sampai akhir nya tertuju pada sebuah bengkel yang tehnisi nya banyak namun belum pada sibuk karena masih menunggu jOB nya masing-masing,tidak ada Antri saat itu karena masih pagi,Mobil saya langsung di sambut oleh para pekerja bengkel,”kenapa pak mobil nya?” Tanya seorang dari mereka,langsung saya jawab” ini mobil saya suka mau mati sendiri di tengah jalan apa lagi saat AC hidup,Mungkin ada yang harus di setting pada System IDLE nya “. “coba di lihat dulu ya pak kata nya”..setelah di check ternyata “ini COIL nya pBocor Pak,ini harus Ganti “.Waduhh..berapa harga COIL Honda Jazz?”,saya langsung menuju etalase bengkel dan Tanya sama si Cici nya,”emang KUIL berapa harga nya?”, “ yang baru Satu juta pak..Ada juga yang seken harga nya lebih murah Cuma 400 ribu tapi gak ada garansi “kata nya. Oke lah saya tapi sebentar ya saya suruh tehnisi nya check dulu ada berapa kuil yang bocor nya,kalau Cuma 2 yang rusak saya beli”

Langsung saja seorang tekhnisi membuka dan mengecek Kuil mobil sambil menghidupkan mesin,Singkat cerita 2 buah COIL di buka dan di ganti Namun hasil nya masih sama tarikan gass nya masih saja berebet,Tehnisi nya bilang ini harus semua  sebab semua nya bocor,”pusink tujuh keliling mendengar penjelasan tersebut,Kalau yang seken nya saja 400.000 ganti semua 4 buah kena  1.600.000,saat itu saya bawa uang Cuma 600.000, kalau saya ganti baru satu nya saja harga 1 jutaan kalau 4 berarti 4 juta.
Akhir nya saya gak jadi beli,saya bilang ke bengkel nya kalau saya harus ganti semua nya saya gak sanggup uang nya gak cukup,dan akhir nya mobil saya di tutup kembali dan kuil yang bawaan nya di pasang kembali. Ada satu catatan di Benak saya “Wis.. Dapat Ilmu baru nih jadi tahu akhir nya penyakit mobil saya” ,saya pulang kemudian saya laporan via BBM ke manager keuangan saya(Istri.J) ..kata nya gak usah ganti dulu lah kata nya.Ya sudah lah saya juga gak sanggup kalau harus beli 4 buah seharga 4 juta,sambil browsing-browsing di Internet ternyata harga COIL Honda JAZZ V-TEC  Cuma Rp.550.000 dan paling murah nya 450.000.
Saya merenung” musti Nyicil nih beli sparepart” ,Maklum lah ekonomi pas-pasan..gak seperti orang yang banyak duit langsung Ganti saja. 2 minggu setelah itu saya berfikir gimana cara nya ya supaya KOIL yang masih hidup itu nggak Bocor,”Hmmm..Otak Ilmu listrik ku mulai jalan nih..” gimana ngakalin nya,dari pada keluar Uang banyak mendingan di akalin dulu sambil menunggu Punya Uang cukup untuk mengganti Baru.Akhir nya Otak mulai mikir bagaimana cara nya Nambal koil Bocor kelistrikan nya,Sibuk mencari LEM dan silicon yang bersifat Elastis dan Tahan di Suhu tinggi,namun susah di dapat yang akhir nya saya pakai SILIKON Otomotive yang Ketahanan Suhu nya di kisaran 200 derajat celcius,Hari minggu pagi-pagi  Koil mobil saya buka Ke empat-empat nya “lahh..Cuma begini doing kok mesti ganti Baru mendingan beli BAN baru”pikir ku.
 Langsung saya kerjakan saat itu juga nggak sampai 1 jam ngecek dan melapisi Yang Bocor,Yang lama menunggu kering Nya Silikon.Stelah sekitar 2 jam saya pasang kembali,Mobil di starter di panas kan dan saya coba bawa muter-muter,Alhamdulillah gak ada samasekali yang Ndut-Ndutan nya,Cuma Berharap Semoga Awet  nih Tambalan He..he..he.” Plong rasa nya Hati saya,ternyata Apa yang di katakana Tekhnisi Bengkel Benar Ada kebocoran KOIL,sehingga Api keluar Mencari jalan singkat Menuju Body mesin”. Saya sangat berterimakasih pada Para tehnisi yang sudah mengecek dan member tahu Kerusakan Mobil saya.Sambil menunggu punya Uang yang Cukup saya berharap KOIL ini jangan mati dulu,kalau Bocor saya tambal lagi aja se kuat nya,sampai akhir nya nanti Ganti baru. Ada kah yang Punya Permasalahan yang sama dengan Ssaya ? jangan lah Terburu-buru mengganti  Sparepart yang masih bias di akalin dulu.di check dulu ya..Untuk Cara Menambal nya Nanti akan saya Share di lain Waktu..


2 Terimakasih atas kunjungan Anda:

  1. Mobil saya Jazz 2010 gan, udh lama ngrasain ndut ndutan, udh ganti busi masih juga, udh servis dan terakhir kata mekanik nya koil nya bocor, kata mekanik nya mending ganti baru karna bakal mrembet ke lain nya dan sementara di lem aja dulu, saya tanya harga nya 975rb, dan saran dari teman ganti yg KW aja dan akhir nya saya beli yg kw tp nyesal bgt beli 365rb merek NAP tp setelah di pasang tenaga nya jauh berkurang, dan mulai bingung apa harus ganti yg asli lagi dgn harga 975rb, smntra kl di biarkan dgn koil kw tenaga nya gk enak bgt dan saya mau bawa mobil ke kampung halaman, akhir nya saya putusin smntra koil yg lama di lem aja pake lem besi, dan yg buat sakit nya lagi koil kw nya ketika di buka mekanik nya pecah, udh rugi 365rb blm lagi ongkos pasang koil nya, semoga ntar ada rejeki nya koil nya pgn di ganti yg baru tp kapok beli yg KW.

    ReplyDelete
  2. Mobil saya Jazz 2010 gan, udh lama ngrasain ndut ndutan, udh ganti busi masih juga, udh servis dan terakhir kata mekanik nya koil nya bocor, kata mekanik nya mending ganti baru karna bakal mrembet ke lain nya dan sementara di lem aja dulu, saya tanya harga nya 975rb, dan saran dari teman ganti yg KW aja dan akhir nya saya beli yg kw tp nyesal bgt beli 365rb merek NAP tp setelah di pasang tenaga nya jauh berkurang, dan mulai bingung apa harus ganti yg asli lagi dgn harga 975rb, smntra kl di biarkan dgn koil kw tenaga nya gk enak bgt dan saya mau bawa mobil ke kampung halaman, akhir nya saya putusin smntra koil yg lama di lem aja pake lem besi, dan yg buat sakit nya lagi koil kw nya ketika di buka mekanik nya pecah, udh rugi 365rb blm lagi ongkos pasang koil nya, semoga ntar ada rejeki nya koil nya pgn di ganti yg baru tp kapok beli yg KW.

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}